Komodo Island (foto : farisahasniar.blogspot.com)

Laudah – Pulau Komodo adalah pulau yang terletak di kepulauan Nusa Tenggara yang dikenal memiliki habitat asli Komodo. Saat ini, Pulau Komodo dijadika Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motan

Sejarah nama pulau Komodo diawali oleh penemuan dari orang Belanda bernama Letnan Steyn van Hens Broek.  Ia berupaya meyakinkan masyarakat Belanda kala itu, dengan membunuh seekor Komodo dan membawa dokumentasinya di Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti, dan ia pun menjuluki nama pulau itu dengan Pulau Komodo.

Namun di Pulau ini bukan saja terdapat Komodo, keindahan bawah lautnya juga, sangat mempesona. Bergagai jenis ikan penuh warna ada di sana.  Termasuk menyimpan keanekaragaman flora, salah satunya, Kayu Sepang.  Kayu Sepang oleh masyarakat sekitar digunakan sebagai obat dan pewarna pakaian.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.